Kitab Kitab Sebelum Alquran ? Ini Cara Berimannya

Bagaimana cara beriman kepada Kitab Kitab Sebelum Alquran ?
Bagaimana cara beriman kepada Kitab Kitab Sebelum Alquran ?

valvolist.com – Bagaimana cara beriman kepada Kitab Kitab Sebelum Alquran ? Sebagai umat muslim, kita memang diwajibkan untuk beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. Tidak hanya Al-Quran, tetapi juga kitab-kitab sebelumnya. Perintah ini bahkan terdapat dalam Al-Quran yang mana Allah SWT menyuruh seluruh umat muslim untuk mengimani dan mempercayai kitab-kitab sebelum Al-Quran. Lantas, bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum Al-Quran?

Agama Islam memiliki rukun iman yang menjadi dasar kepercayaan. Rukun Iman yang ke tiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT sebelum Al-Quran. Setiap umat Islam wajib mengimani atau meyakini keberadaan kitab-kitab sebelum Al-Quran yang diturunkan kepada para nabi pilihan-Nya.

Iman kepada kitab-kitab Allah SWT sebelum Al-Quran telah disebutkan dalam Surat Al-Imran ayat 3 :
” Dia menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) yang mengandung kebenaran, membenarkan (kitab-kitab) sebelumnya, dan menurunkan Taurat dan Injil.”

Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW dengan tidak ada keraguan di dalamnya. Allah juga telah menurunkan kitab-kitab sebelum Al-Quran melalui para nabi yang dipilih-Nya. Kitab-kitab yang turun sebelum Al-Quran isinya juga membenarkan keberadaan Al-Quran melalui apa yang diberitakannya dan apa yang disiarkan-nya sejak zaman dahulu kala.

Sementara Al-Quran pun juga membenarkan keberadaan kitab-kitab sebelumnya. Lantaran Al Quran isinya sesuai dengan apa yang disampaikan kitab-kitab sebelumnya. Isinya membawa kabar gembira yang luar biasa, yaitu bahwa Allah akan mengutus Nabi Muhammad Saw dan menurunkan Al-Quran yang agung sebagai mukjizat terbesarnya.

Dengan demikian, umat Islam wajib hukumnya meyakini adanya kitab-kitab sebelum Al-Quran. Lantas bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum Al-Quran?

BACA JUGA  Aura Orang Yang Akan Meninggal

Bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum Al-Quran ?

Bagaimana cara beriman kepada Kitab Kitab Sebelum Alquran ? Ini dia jawabannya :

  1. Untuk bisa beriman kepada-kitab sebelum Al-Quran, kita wajib mempercayai Taurat, dan Injil sebagai wahyu dari Allah yang sebenarnya, bukan buatan manusia.
  2. Mempercayai bahwa kebenaran pada kitab-kitab sebelum Al-Quran dturunkan
  3. Kitab-kitab suci sebelum Al-Qur’an hanya untuk orang-orang yang hidup pada masa itu dan wilayah tertentu
  4. Waktu daripada kitab-kitab sebelum Al-Qur’an telah habis. Jadi nila-nilai dan pengajarannya sudah tidak berlaku lagi.
  5. Kita perlu percaya pada kebenaran isi pada ktab-kitab ini walaupun belum disempurnakan oleh Al-Quran.
  6. Kitab sebelum Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang telah habis waktu berlakunya (hanya di peruntukkan bagi penduduk yang tinggal pada masa itu dan wilayah tertentu), jadi kandungan atau isi pesan yang ada di dalamnya tidak lagi berlaku.
  7. Isi pada kitab-kitab tersebut mempunyai nilai-nilai positif dan kita perlu juga menerapkan dalam kehidupan seharian.
  8. Dan kita sebagai umat beragama perlu menghormati kepercayaan agama antara satu sama lain, dengan cara tidak mengganggu apabila teman beragama lain beribadah, atau dengan kata lain kita harus toleransi antara agama.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Mengenal Kitab-kitab Sebelum Al-Quran

1. Kitab Taurat

Kitab Allah yang tertua adalah kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa ‘alaihissalam di Bukit Sinai. Kitab ini diturunkan untuk pedoman bagi bangsa Bani Israil pada abad ke 12 SM. Kitab Taurat dikenal dengan isinya yaitu The Ten Commandements atau 10 perintah Tuhan. Taurat sendiri memiliki arti yaitu hukum atau syariat. Bahasa yang digunakan dalam kitab ini adalah bahasa Ibrani. Kitab Taurat juga disebutkan dalam Al-Quran tepatnya di surat Al-Isra Ayat 2.

BACA JUGA  Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah Menurut Islam

2. Kitab Zabur

Kitab selanjutnya yang turun sebagai pedoman manusia setelah kitab Taurat adalah kitab Zabur. Nabi yang menerima kitab ini adalah Nabi Daud ‘alaihissalam pada abad ke 10 SM di daerah Yerusalem. Kitab Zabur diturunkan sebagai pedoman untuk bangsa Bani Israil atau umat Yahudi. Kitab ini ditulis dengan bahasa Qibti. Kitab Zabur atau Mazmur berisikan nyanyian pujian kepada Allah SWT atas semua nikmat yang Allah berikan. Sama seperti kita Taurat, kitab Zabur juga disebutkan dalam Al-Quran yaitu surat Al-Isra Ayat 55.

3. Kitab Injil

Kitab Injil adalah kitab ketiga yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai pedoman untuk umat manusia. Nabi Isa ‘alaihissalam adalah Nabi yang menerima kitab ini. Kitab Injil berisikan pokok ajaran hidup dengan zuhud, menjauhi ketamakan dan kerusakan dunia. Allah SWT mewahyukan kitab ini pada awal abad 1 M di daerah Yerusalem dan ditulis dengan bahasa Suryani. Kitab Injil menjadi pedoman kaum Nabi Isa ‘alaihissalam yaitu kaum Nasrani. Di dalam Al-Quran, keterangan tentang kitab Injil ditegaskan pada surat Maryam Ayat 30.

 

Itulah beberapa cara dari admin agar kita selalu bisa beriman kepada Kitab Kitab Sebelum Alquran. Semoga kalian selalu berada di dalam lindungan Alloh SWT.