Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Adalah

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Adalah
Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Adalah

valvolist.com – Buat kamu yang mempunyai orangtua, atau orang tuanya yang hidup, berikut contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang hidup.

Juga contoh sikap melakukan perbuatan baik ke orangtua yang telah wafat supaya kamu menjadi anak yang berbakti ke orangtua, walau mereka telah tidak ada.

Namu bukan tanpa argumen, kemungkinan kamu kebingungan menjawab masalah ujian, bagaimaan sich langkah melakukan perbuatan baik ke orangtua? baik yang hidup, atau yang telah wafat.

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua yang Masih Hidup

Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Adalah

Contoh sikap melakukan perbuatan baik ke orangtua yang hidup ialah doakan orangtua, taat ke orangtua, berbakti ke orangtua, menyangi dan membuat perlindungan orangtua, dan kebaikan yang lain.

Sudah pasti ini ialah kewajiban sebagai anak yang perlu kita kerjakan, karena tanpa orangtua, kita tidak pernah berada di dunia hingga saat ini.

Melakukan perbuatan baik ke orangtua tidak harus mengenai harta, tapi doa dan bakti kita padanya ialah sikap yang harus kita kerjakan.

Jika kamu islam, sudah pasti ada doa yang khusus untuk anak soleh dan solehah ke ke-2 orang tuanya, kamu bisa mendapatinya lewat buku doa-doa yang telah ada.

Karena itu, melakukan perbuatan baik ke orang tidak cuma kita memberikannya uang, tetapi sikap membantu, doakan, berbakti, mengikuti orangtua ialah sikap yang spesial sebagai anak soleh dan solehah.

BACA JUGA  Kitab Kitab Sebelum Alquran ? Ini Cara Berimannya

Contoh Sikap Melakukan perbuatan Baik Ke Orang Tua yang Telah Wafat

Contoh sikap melakukan perbuatan baik ke orangtua yang telah wafat ialah doakannya supaya dia diberi ketenangan di alam sana yang telah jauh dari hadapan kita sebagai anaknya.

Selainnya berdoa untuk orangtua supaya ditaruh di surga, kita harus melakukan apa yang telah di amanahkan oleh orangtua kita sepanjang masih hidup.

Misalnya, saat orangtua inginkan anaknya jadi sarjana, karena itu kita harus usaha supaya itu dapat dikerjakan.

Itu salah satunya contoh yang bagus, karena insa Allah akan membuat orangtua kita berbahagia, berbaik hati ke seseorang, dan bersedekah dan menolong seseorang untuk amanah orangtua juga ialah sikap baik.

Karena itu begitu, sebagai seorang anak yang perlu berbakti ke orangtua, bukan hanya saat dia masih hidup, tetapi kita bisa juga berbakti padanya dengan malaksanakan amanah yang dia beri ke kita.

Namun tetap saja, kunci khusus berbaik ke orangtua ialah doakannya supaya ditenangkan, dilapangkan, diberikan lokasi yang cantik oleh Allah SWT.

ARTIKEL BANYAK DIMINATI :

8 Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua Yang Masih Hidup Adalah

SEBAGAI seorang anak, kita harus berbakti ke orangtua. Berbakti ke orangtua sebagai kewajiban yang perlu kita kerjakan.

Anak-anak jaman saat ini umumnya kerap menentang ke orang tuanya sendiri. Walau sebenarnya hal itu sebagai sikap yang buruk sekali.

Allah berfirman: “Dan kami perintahkan ke manusia (melakukan perbuatan baik) ke 2 orang ibu bapaknya, ibunya sudah mengandungnya pada kondisi kurang kuat yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam 2 tahun, syukurlah pada-Ku dan ke 2 orang ibu bapakmu, cuman kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14).

BACA JUGA  Aura Orang Yang Akan Meninggal

Rasulullah SAW pernah berbicara jika berbakti ke orangtua sebagai salah satunya ibadah yang paling disayangi oleh Allah Azza Wa Jalla.

Dari Abdullah Bin Mas’ud berbicara: “Saya menanyakan ke Rasulullah: “Ibadah apa yang disayangi oleh Allah” Beliau menjawab: “Sholat ketika waktunya. Saya menanyakan kembali: “Selanjutnya apa” Beliau menjawab: “Berbakti ke ke-2 orangtua”. Saya menanyakan kembali: “Selanjutnya apa” Beliau menjawab: “Jihad dijalan Allah”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Bila sekarang ini orang-tua Anda masih hidup, karena itu telah seharusnya Anda berbakti padanya dengan lakukan banyak hal berikut ini:

1. Ajak masuk agama Islam bila belum Islam.

2. Mengajarkannya ke pengetahuan yang betul (Ahlus Sunnah).

3. Mematuhi perintah mereka sepanjang itu bukan maksiat.

4. Memprioritaskan kebutuhan mereka dibanding kebutuhan sendiri, bahkan juga dibanding beribadah yang sunnah.

5. Menolong mereka dengan harta, membelikan keperluan mereka, dan lain-lain.

6. Berbicara yang bagus dan kurang kuat halus ke mereka, tidak panggil langsung dengan namanya, tidak bernada tinggi dan ketus, dan lain-lain.

7. Doakan kebaikan buat mereka, seperti semoga mereka memperoleh hidayah (Islam / sunnah) dan yang lain.

8. Melakukan perbuatan baik ke mereka misalnya: layani keperluan mereka, tiba bila mereka panggil dan sebagainya.

Apa saat ini kamu bisa berperangai baik ke orang tuamu, baik yang hidup atau ia yang telah tidak ada?.

Begitu contoh sikap melakukan perbuatan ke orangtua yang hidup dan orangtua yang telah wafat, mudah-mudahan artikel jawaban masalah ujian ini bisa menolong ya.